Home / Umum / Perlukah Syarat ketika Menolong?

Perlukah Syarat ketika Menolong?

Kawan…mungkin dia bukan saudara kita dalam beragama, namun dia adalah saudara kita dalam kemanusiaan.
Islam mengajarkan kita kedamaian, kerukunan, dan persaudaraan. Dalam keseharian, seringkali kita mengajukan banyak syarat untuk menolong seseorang, sehingga terkadang kita lupa, karena terlalu sibuk dengan syarat-syarat itu.
Dalam sebuah kisah, diceritakan bahwa dua orang anak muda sedang berkendara. Di tengah jalan, mereka menemui sebuah mobil yang sedang mengalami kecelakaan. Dua orang pemuda tersebut bingung, apakah mereka harus membantunya, ataukah tidak. Salah satu dari mereka bertanya kepada temannya.

“Apakah mereka muslim?’ Temannya melihat untuk memastikan.
“Ya, mereka muslim” Jawabnya.

“Apakah mereka dari NU?” Tanyanya lagi.
“Ya, mereka NU, karna mereka memakai peci dan sarung.’ Jelas temannya.
“Apakah mereka dari kelompok kita?’
“Ya, mereka dari kelompok kita, karna salah satu dari mereka memakai jaket yang sama dengan kita”. 

Setelah selesai dengan semua pertanyaan dan syarat-syaratnya, kedua pemuda itu yakin untuk menolong pengendara mobil yang kecelakaan. Namun, ketika mereka hendak menolong, ternyata penumpang mobil itu sudah meninggal. Mereka menyesal karena mereka terlambat menolong saudaranya. Sesal tiada guna, apakah dalam menolong orang lain diperlukan syarat yang hanya bertujuan memuaskan ego kita?

About sulton lubis

Check Also

KARENA KITA INDONESIA!

KAMI INDONESIA Saudaraku, saya Indonesia. Bukan karena pilihanku, tapi itu takdirku. Saya cina…Saya pribumi…Saya muslim…Saya Nasrani…Saya punya agama Saya Indonesia. Coba buka lembaran sejarahmu Carikan saya fakta kalau kita tidak majemuk! Kehadiranku, tidak pernah untuk mengancammu Tanah ini diijinkan untuk diinjak oleh perbedaan Perbedaan budaya…Perbedaan warna kulit…Perbedaan kepercayaan Jadi, jangan rekat aku dengan paksa, tapi terima aku dengan rasa. Saya menolak untuk diamkan ketidakadilan yang dibiasakan! Perlakuan yang dibedakan!…Itu tidak pernah dibenarkan. Seolah menyalahkan sang pencipta perbedaan. Tunjukkan mukamu! Wahai individu-individu congkak  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *