Home / Toleransi / Kebaikan Perlu Syarat?

Kebaikan Perlu Syarat?

Agen Toleransi- sebuah renungan yang perlu kita resapi dan fikirkan. Mungkin saja ini terjadi pada diri kita, keluarga kita ataupun teman kita. 
suatu hari ada satu rombongan keluarga yang ingin pergi bertamasya. Dalam perjalanan melewati tol, di depan mobil mereka ada kecelakaan. Seketika itu, rombongan keluarga yang ingin bertamasya tersebut berhenti dan turun. Ketika turun seorang lelaki, ia dapati di dalam mobil itu seorang ibu-ibu yang mengalami luka parah.   “Sungguh kasihan kbu itu”, ucap seorang lelaki dari rombongan yang turun tersebut dalam hati. Sempat ada niatan untuk menolong. Sebelum menolong, ia tanya terlebih dahulu, karena lelaki itu takut si ibu bukan orang islam. “Maaf, agama ibu apa?” ,Tanya si lelaki yang ingin menolong. “Saya islam”, jawab si ibu. “Okke saya akan mnolong ibu”, eh tapi ibu islam apa?”. Si ibu menjawab”saya sunni pak”. “okke satu faham, tapi ibu suni apa ya? Muhammadiyah atau Nu?” Tanya lagi si lelaki itu. Belum sempat si ibu menjawab, karena lukanya begitu parah, yang seharusnya butuh pertolongan cepat, akhirnya tak tertolong.
Sungguh miris jika hal demikian sampai terjadi dalam kehidupan ini. Bayangkan saja jika setiap orang yang sangat butuh pertolongan harus dengan syarat, Apa yang yang terjadi? Jika menolong orang membutuhkan syarat lalu, apa arti sebuah kebaikan??  Padahal Tuhan memberikan kita kebaikan tanpa syarat, mengapa kita begitu angkuhnya menolong tapi harus dengan syarat?

About sulton lubis

Check Also

Beragama dalam Keberagaman

  Indonesia, negara yang penuh keragaman dalam bungkus kebhinekaan. Terbentuk dari berbagai ragam suku, ras, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *